KAIDAH PENCACAHAN
Pertemuan 1
Tujuan Pembelajaran
Melalui
model
pembelajaran penemuan (Discovery Learning) dengan
menggali informasi dari berbagai sumber belajar, penyelidikan sederhana dan
mengolah informasi, diharapkan peserta didik terlibat aktif selama proses
belajar mengajar berlangsung, memiliki sikap ingin tahu, teliti dalam melakukan
pengamatan dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab
pertanyaan, memberi saran dan kritik, dapat mengamati
dan mengidentifikasi fakta, mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat
kesimpulan, serta menggunakan posedur untuk menyelesaikan masalah dan
menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan kaidah pencacahan (aturan
penjumlahan, aturan perkalian, dan permutasi).
Assalamu'alaikum anak-anak ku sekalian ...
hari ini kita akan mempelajari materi tentang kaidah pencacahan, kita awali dengan aturan penjumlahan.
Assalamu'alaikum anak-anak ku sekalian ...
hari ini kita akan mempelajari materi tentang kaidah pencacahan, kita awali dengan aturan penjumlahan.
A.
Aturan
Penjumlahan
Misalkan
terdapat n
buah kejadian yang saling lepas, dengan:
c1 adalah banyak cara pada kejadian pertama
c2 adalah banyak cara pada kejadian kedua
c3 adalah banyak cara pada kejadian ketiga
dan seterusnya
cn adalah banyak cara pada kejadian ke-
Banyak cara
n buah kejadian itu secara keseluruhan adalah:
c1 + c2 + c3 + . . . + cn
Contoh 1:
Dari kota A ke kota B
ada beberapa jenis angkutan yang dapat digunakan. Ada 4 bus, 2 kapal laut, dan
1 pesawat terbang yang dapat dipilih. Ada berapa total cara berbeda untuk
berangkat dari kota A menuju kota B?
Jawab:
Dalam soal
diatas ketika kita memilih bus, kapal laut maupun pesawat terbang tidak
berpengaruh satu sama lain, ketiganya merupakan himpunan yang saling lepas.
Sehingga ada: 4 + 2 + 1 = 7 cara berbeda untuk berangkat dari kota A ke
kota B
B.
Aturan
Perkalian
Misalkan
terdapat n buah tempat tersedia, dengan:
k1 adalah
banyak cara untuk mengisi tempat pertama,
k2 adalah
banyak cara untuk mengisi tempat kedua setelah tempat pertama terisi,
k3 adalah
banyak cara untuk mengisi tempat ketiga setelah tempat pertama dan kedua
terisi,
… , demikian seterusnya.
Banyak cara
untuk mengisi n tempat yang tersedia secara keseluruhan adalah:
k1 x k2 x k3 x . . . x kn
Contoh 2:
Dari
kota A ke kota B ada 3 jenis angkutan yang bisa digunakan, yaitu bus sebanyak 5
pilihan, kapal laut 4 pilihan dan pesawat 2 pilihan. Dari kota B ke kota C ada
2 jenis angkutan yang bisa digunakan yaitu
bus sebanyak 3 pilihan dan kapal laut 1 pilihan. Berapa banyak cara
berbeda untuk berangkat untuk berangkat dari kota A ke kota C melalui kota B?
Jawab:
Dalam hal ini
dapat di ilustrasikan ada 2 tempat yang harus diisi. Tempat pertama adalah
banyaknya cara dari kota A ke kota B dan tempat kedua adalah banyaknya cara
dari kota B ke kota C.
Dari ilustrasi
diatas terlihat bahwa dari A ke B akan ada
mari kita simak video berikut ini
sumber : https://www.youtube.com/watch?v=1mWUK1nJh8Y
Evaluasi 1
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan
benar!
1. 1. Pak
budi memiliki beberapa kendaraan, yaitu 3 sepeda motor dan 2 mobil. Pak Budi
akan berangkat ke kantor menggunakan salah satu kendaraan yang dia punya.
Banyaknya cara Pka Budi dapat memilih kendaraan yang dia punya adalah …
2. 2. Amir
memilik 4 kemeja dan 6 celana. Banyak setelan kemeja dan celana yang dapat
dipakai oleh Amir sama dengan ….
3. 3. Banyak
jalan yang dapat dilalui dari kota A ke kota B ada sebanyak 3, dan dari kota B
ke kota C ada sebanyak 4. Dengan demikian banyak cara menuju kota C dari kota A
melalui kota B sama dengan ….
4. 4. Banyak
bilangan genap yang terdiri dari tiga angka yang dibentuk dari angka-angka: 1,2,3,4 dan 5, dimana setiap angka tersebut hanya boleh digunakan satu kali,
adalah ….
5. Banyak
bilangan ganjil yang terdiri dari tiga angka yang dibentuk dari angka-angka: 1,2,3,4 dan 5, dimana setiap angka tersebut hanya boleh digunakan satu kali
adalah ….
Mari anak-anak kita latihan soal sambil bermain...kalian klik tautan d bawah ini y
disini
4 Comments
Mantap Bu, kembang kan terus dan menjadi guru yang visioner
ReplyDeletemakasih pak e mohon dukungan dan bimbingannya
DeleteMantul
ReplyDeletesemangat bu haji...
Delete